Thursday, November 15, 2012

Individu, Keluarga, dan Masyarakat


1) Individu 
Siapakah Remaja Itu?
Remaja adalah suatu tahap terhadap perkembangan individu, dimana dia mengalami perkembangan biologis, psikologis, moral, dan agama. Ia juga merupakan pola identifikasi dari anak-anak menjadi dewasa. Dapat dikatakan juga, bahwa remaja adalah masa transisi dari periode anak ke dewasa. Untuk memudahkan identifikasi, biasanya masa remaja dibatasi usia tertentu. WHO membagi 2 tahap: 
1. Remaja awal : 10-14 tahun
2. Remaja akhir : 15-20 tahun

- Ciri Biologis
Pada saat seorang anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan menstruasi pertama pada remaja putri ataupun perubahan suara pada remaja putra. Saat itu, secara biologis dia mengalami perubahan yang sangat besar. Pubertas menjadikan seorang anak tiba-tiba memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi.
- Ciri Psikologis
1. Mood (suasana hati) dapat berubah menjadi cepat. Hasil penelitian di Chicago oleh Mihalyi Csikszentmuhalyi dan Reed Larson  (1984) menemukan bahwa remaja rata-rata memerlukan 45 menit untuk berubah mood nya. 
2. Mulai muncul kesadaran akan identitas diri.
3. Sangat rentan terhadap pendapat orang lain.
4. Cenderung untuk menganggap diri mereka unik. 
5. Sering menganggap diri mereka serba mampu.

Pendapat :
Remaja adalah proses perubahan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Pada proses remaja ini terjadi beberapa perubahan pada diri seseorang. Misalnya seorang anak perempuan yang mulai menstruasi. Selain perubahan biologis, proses menuju remaja juga terjadi perubahan secara psikologis.

SUMBER:
http://www.duniaremaja.net/siapakah-remaja-itu-1052.html


2. Keluarga
Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak Remaja
Kebanyakan orang tua tidak mengetahui dalam mendidik anak remaja. Mereka tidak tau bakat apa yang dimiliki anaknya sehingga bakat anaknya itu terkandas karna kesalahan dari orang tuanya. Berikut adalah kesalahan orang tua dalam mendidik anak remaja :

1. Salah persepsi
2. Tidak konsisten
3. Komunikasi tertutup
4. Problem solver
5. Tidak ada keteladanan
6. Pilih waktu untuk bermain dengan anak-anak

Pendapat:
Kesalahan dalam keluarga tidak hanya terjadi pada anak saja. Tetapi juga cara orang tua dalam mendidik anaknya. Apalagi anak mereka sudah beranjak remaja. Karena ketika remaja, seorang anak mulai tumbuh bakat mereka. Mereka mulai suka atau mengidolakan seseuatu. Maka dari itu perhatian dan pengertian setiap orang tua terhadap anak remaja mereka sangat dibutuhkan agar tidak terjadi suatu kesalah pahaman.

SUMBER:
http://www.duniaremaja.net/kesalahan-orang-tua-dalam-mendidik-anak-remaja-mereka-1001.html


3. Masyarakat
img 
Kampung Naga dikenal dengan suasana yang alami dan menenangkan. Hutan-hutan dan sawah di sini serba hijau, jadi Anda akan menghirup udara yang segar saat berada di kanpung ini. Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, Kampung Naga adalah tempat untuk kembali ke alam.

Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Kamis (26/7/2012), Kampung Naga terletak di Kecamatan Salawau, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Perkampungan tradisional ini hanya terletak sekitar 45 menit dari pusat Kota Tasikmalaya.

Masyrakat Kampung Naga masih memegang teguh adat istiadat peninggalan leluhurnya. Salah satu ajarannya adalah menjaga kehidupan yang selaras dengan alam. Dengan ajaran tersebut, masyarakat Kampung Naga menjaga dan melestarikan alam di sekitarnya, mulai dari hutan hingga sungai.

Rumah-rumah masyarakat Kampung Naga pun dibuat secara sederhana. Bermodalkan kayu dan alang-alang, rumah mereka tidak kalah nyaman dengan rumah-rumah di kota. Mereka tidak menggunakan batu bata atau pun semen, karena dianggap dapat merusak alam. Ternyata, rumah mereka tahan gempa!

Pendapat:
Kampung Naga terletak di Tasikmalaya Jawa Barat. Kampung Naga adalah perkampungan tradisional yang terletak di kaki gunung. Masyarakat disini masih memegang teguh adat istiadat mereka. Masyarakat kampung naga juga sangat menjaga dan melestarikan daerah tempat tinggal mereka. Sehingga di tempat ini sangat indah nyaman dan bebas polusi.

SUMBER
http://travel.detik.com/read/2012/07/26/124706/1975412/1383/kampung-naga-bukan-kampung-biasa


No comments:

Post a Comment